Laman

Kamis, 08 November 2012

Membangun 9 dB, 70cm, Antena collinear Dari Coax




Dengan N1HFX


 
Baru-baru ini komite Rason teknis sedang bekerja keras di lokasi repeater memperbaiki 2 meter kami antena repeater. Salah satu anggota berkomentar kepada saya bahwa saya harus menulis artikel tentang array collinear sehingga kita semua bisa membangun kita sendiri. Meskipun tidak selalu layak untuk rumah-minuman antena berkualitas komersial yang dirancang untuk mengambil angin badai kekuatan, sangat layak untuk membangun sebuah antena collinear untuk penggunaan rata-rata. Artikel ini menjelaskan antena collinear terbuat dari sangat murah RG58 / U kabel koaksial dan terbungkus dalam pipa PVC.
Sebelum kita mulai membangun kita perlu untuk menutup beberapa dasar tentang karakteristik kabel koaksial. Pertama ingat bahwa ada sesuatu yang disebut faktor kecepatan untuk kabel koaksial. Untuk RG58 / U coax itu biasanya .66. Ini berarti bahwa ketika kita menghitung panjang gelombang ½ dalam ruang bebas kita perlu menyesuaikan ukurannya dengan mengalikannya dengan pabrik kecepatan. Sederhananya, RF melambat oleh faktor kecepatan ketika bepergian melalui kabel koaksial. Semua yang samping sekarang, mari kita menghitung panjang gelombang dari ½ RG58 / U kabel koaksial dengan frekuensi 444 Megahertz:
½ panjang gelombang coax = 300 / F / 2 * V
Dimana F = Frekuensi dalam Megahertz
V = Velocity pabrik Coax
300/444/2 * .66 = .2229 meter atau 223 milimeter
Untuk memungkinkan untuk memotong ujung membujuk kita, kita perlu menambahkan 8 milimeter untuk setiap panjang gelombang ½ untuk total 231 milimeter.
Untuk memulai, kita akan membutuhkan 8 panjang setengah gelombang (231 milimeter) dari RG58 / U kabel koaksial harus dipotong dan terhubung dengan cara yang ditunjukkan pada Gambar 1. Pertama mengurangi 4 milimeter dari jaket luar, jalinan dan dielektrik mengekspos konduktor pusat seperti pada Gambar 2. Sekarang memotong kembali jaket luar lain 4 milimeter untuk mengekspos jalinan dan mendorong kembali jalinan tentang milimeter untuk mencegah korslet dengan konduktor pusat. Cara terbaik adalah untuk timah ringan yang menjalin dengan solder pada saat ini. Sekarang solder setiap setengah panjang gelombang seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Lampirkan beberapa meter dari RG58 / U ke bagian bawah dari array seperti pada Gambar 1 untuk makan antena.






 
 


Sekarang waktunya untuk menambahkan elemen tambahan ke atas dan bawah dari array collinear. Pertama menambahkan elemen gelombang ¼ ke atas antena seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3. Gunakan # 16 kawat padat atau serupa dan solder ke konduktor pusat saja. Panjang gelombang elemen ¼ dihitung sebagai berikut:
1/4 panjang gelombang radiator = 300 / F / 4
Dimana F = Frekuensi dalam Megahertz
300/444/4 = .1689 meter atau 169 milimeter
Di bagian bawah dari array kita akan geser tabung aluminium 5/16 inch selama membujuk dan mengeriting ke jalinan dari titik pakan antena saja. Jika tembaga yang digunakan, tidak apa-apa untuk solder. Panjang tabung dihitung sebagai berikut:
¼ panjang gelombang dari tabung = 300 / F / 4 * V
Dimana F = Frekuensi dalam Megahertz
V = Velocity pabrik Tubing. (Gunakan .95 untuk 5/16 "tabung)
300/444/4 * .95 = .1604 meter atau 160 milimeter
Karena antena collinear panas dengan RF sepanjang perisai dari membujuk, perlu untuk mencegah RF dari datang kembali melalui coax. Slide tiga FT50-43 atau hampir semua toroids berukuran serupa di ujung bawah membujuk seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3. Para toroids harus ditempatkan sekitar ½ panjang gelombang dari dasar array. Gunakan rumus yang sama untuk menghitung panjang setengah gelombang coax. Jika Anda lebih suka, menerapkan RF ke antena pada titik ini dan geser toroids naik dan turun sampai SWR minimum ditemukan. Tape toroids ke titik yang tepat pada coax menggunakan pita listrik atau cara serupa.


 
 


Setelah menyelesaikan perakitan dasar antena collinear, gunakan sedikit dari RF dengan antena di lantai atau tanah. SWR yang relatif rendah harus diamati pada saat ini. SWR akan jauh lebih rendah setelah antena ini dipasang di udara. Jika SWR lebih besar dari 2 ke 1 di seluruh band, sambungan dapat dipisahkan atau pendek terjadi. Ini akan diperlukan untuk memperbaiki masalah sebelum melanjutkan. Setelah SWR yang baik diperoleh, panas menyusut tabung tempat di sepanjang semua koneksi atau membungkus erat dengan pita listrik.
Untuk pemasangan akhir, pasang antena ke sebuah ¼ "kayu dowel menggunakan dasi membungkus setiap 3 inci Mungkin tidak mungkin untuk mendapatkan kayu dowel untuk panjang lengkap sehingga melampirkan dua ekor burung bersama-sama dengan menggunakan lengan 1 inci 5/16. "tubing dan Crimping pipa pada setiap ujungnya. Periksa SWR lagi untuk memastikan bahwa tidak ada koneksi telah berpisah atau korsleting. Hati-hati memasukkan membujuk dan perakitan dowel menjadi kaki beberapa ¾ "pipa PVC untuk pemasangan akhir Karena dasi membungkus, tidak perlu menggunakan spacer tapi mungkin diperlukan jika pipa ukuran yang lebih besar digunakan. Bor lubang untuk membujuk di. tutup bagian bawah dan tempat topi akhir di atas PVC. Jangan semen topi akhir sampai SWR telah dua kali lipat diperiksa topi Semen akhir dan. bukti air membujuk membuka di bagian bawah. Gunakan apa pun jenis konektor coaxial yang diinginkan pada bagian bawah membujuk akhir tetapi tidak menggunakan RG58 / U untuk garis pakan lengkap Anda. Gunakan kehilangan rendah membujuk seperti RG8 / U untuk garis pakan utama untuk transceiver. Jangan lupa untuk bukti air semua membujuk konektor.
Jika delapan ½ gelombang koaksial elemen mengakibatkan antena terlalu lama untuk menyukai Anda (lebih dari tujuh kaki), maka tidak apa-apa untuk menggunakan empat ½ gelombang elemen coaxial tapi SWR mungkin sedikit lebih tinggi (Lampirkan empat ¼ gelombang radial tanah vertikal di antena feed point untuk membantu SWR rendah.). Jika 9 dB gain masih belum cukup bagi Anda kemudian meningkatkan jumlah coax elemen 8-16. Anda mungkin akan perlu melampirkan garis pria ke antena. Meskipun hanya antena CM 70 yang dijelaskan dalam artikel ini, rumus dapat dengan mudah dihitung untuk, 6 meter 2 meter atau 1 ¼ band meter. Milimeter yang digunakan untuk banyak pengukuran tetapi dapat dikonversi ke inci dengan milimeter membaginya dengan 25,4 bagi mereka yang tidak akrab dengan sistem metrik. Setelah menginstal salah satu antena, bersiaplah untuk mendengar stasiun dan repeater yang Anda pernah dengar sebelumnya.
DE N1HFX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA